Minggu, 25 November 2018

KELAS 1 SD-MI BAB 1 & 2 TUBUH DAN KEBUTUHAN TUBUH (IPA)

BAB 1 DAN BAB 2
TUBUH DAN KEBUTUHAN TUBUH
Tema: Diri Sendiri


Gambar 1 Tubuh
Tubuku ini terdiri atas beberapa bagian setiap bagian tubuhku mempunyai kegunaan aku tahu kegunaan bagian tubuhku. Tubuhku kurawat dengan baik aku selalu makan makanan bergizi aku berolahraga secara teratur aku juga beristirahat secukupnya karena itulah tubuhku selalu sehat.
A.    Mengenal Bagian Tubuhku
Aku tahu bagian bagian tubuhku, aku bisa menyebutkannya, aku juga tahu kegunaannya, berikut ini adalah bagian dari tubuhku:
1.      Mata
Mataku ada dua, mata untuk melihat.


Gambar 2 Mata
2.      Hidung
Hidungku ada satu, aku menggunakannya untuk bernapas, aku juga menggunakannya untuk membau.


Gambar 3 Hidung
3.      Telinga
Telingaku ada dua, telinga kiri dan kanan, aku menggunakannya untuk mendengar.


Gambar 4 Telinga
4.      Gigi
Aku mempunyai gigi yang kuat, gigiku berada di dalam mulut, gigi untuk menggigit dan mengunyah makanan.


Gambar 5 Gigi
5.      Lidah
Aku mempunyai lidah, lidahku satu dan berada di dalam mulut, lidah untuk mengecap rasa, karena itu aku bisa merasakan makanan ada rasa manis, asin, asam, dan pahit.


Gambar 6 Lidah
6.      Tangan
Aku mempunyai dua tangan, tangan kiri dan kanan, tangan kiriku ada lima jari, tangan kananku juga ada lima jari, tangan kugunakan untuk memegang, aku juga menggunakannya untuk bertepuk dan bersalaman.


Gambar 7 tangan
7.      Kaki
Aku mempunyai dua kaki, kaki kiri dan kanan kaki kiri ada lima jari kaki, kanan juga ada lima jari, kedua kaki kugunakan untuk berdiri, aku juga menggunakannya untuk berjalan dan berlari.


Gambar 8 Kaki
8.      Kuku
Aku memiliki kuku, kuku tumbuh di ujung jari tangan, kuku juga tumbuh di ujung jari kaki, kuku berfungsi melindungi ujung jari.


Gambar 9 Kuku
9.      Kulit
Tubuhku diselimuti oleh kulit, kulit untuk meraba benda karena itulah aku bisa merasakan permukaan benda, ada benda yang halus, ada pula benda yang kasar.
10.  Rambut
Aku mempunyai rambut di kepala, rambutku tumbuh lebat dan hitam, rambut untuk melindungi kepala.


Gambar 10 Rambut

B.     Cara Merawat Bagian Tubuhku
Aku ingin tubuhku selalu sehat semua bagian tubuhku berfungsi dengan baik karena itu aku harus rajin merawatnya, berikut ini cara merawat tubuh supaya sehat:
1.      Kesehatan mata selalu kujaga jika terkena debu aku tidak menguceknya aku membersihkannya dengan obat tetes mata. Aku tidak membaca di tempat gelap aku juga tidak menonton televisi terlalu dekat karena itulah mataku selalu sehat.
2.      Aku selalu menjaga kesehatan hidungku aku membersihkan hidung dengan benda lembut misalnya tisu atau sapu tangan.
3.      Kesehatan telinga juga kuperhatikan aku rajin membersihkannya aku membersihkan telinga dengan kapas pembersih. Aku mendengarkan suara sewajarnya jika ada suara keras kututup telingaku dengan begitu telingaku tidak rusak
4.      Aku menjaga kesehatan gigi aku tak mau gigiku sakit jika gigiku sakit tentu aku menderita karena itu aku rajin menggosok gigi. Aku menggosok gigi sehabis makan sebelum tidur aku juga menggosok gigi sisa makanan tidak tertinggal di gigi gigiku menjadi bersih dan tidak berlubang napasku segar gigiku pun sehat.
5.      Aku ingin tangan dan kakiku tetap sehat untuk itu aku harus selalu merawatnya. Aku mencuci tangan sebelum makan aku juga mencuci tangan sehabis bermain sebelum tidur pun tak lupa kucuci tanganku dengan begitu tanganku bebas dari kuman. Saat bermain aku selalu memakai sandal setelah selesai bermain kakiku langsung kucuci dengan begitu kakiku selalu bersih.
6.      Aku menjaga kebersihan kukuku aku tidak membiarkannya tumbuh panjang setiap seminggu sekali aku memotongnya kukuku selalu bersih ujung kukuku tidak hitam.
7.      Kesehatan kulit juga kujaga dengan baik aku selalu merawat kebersihan kulitku aku mandi dua kali sehari menggunakan sabun mandi membersihkan badan dari daki kulitku bersih tubuhku sehat.
8.      Aku mempunyai rambut yang sehat aku rajin merawatnya aku mencuci rambut dengan sampo rambutku pun menjadi bersih dan harum. Sehabis mandi tak lupa kusisir rambutku, rambutku tampak rapi dan indah.
C.    Kebutuhan Tubuh
Aku ingin tubuhku sehat karena itu aku memerlukan makanan dan minuman sehat; nasi, lauk, sayur, buah, dan susu semua itu termasuk makanan dan minuman sehat.
Aku makan tiga kali sehari pagi, siang, dan malam hari. Aku makan makanan yang bergizi makanan menghasilkan tenaga tubuhku pun menjadi sehat dan kuat.
Aku jarang jajan di pinggir jalan, jajanan di pinggir jalan tidak sehat jajanan terkena debu, jajanan juga dikerumuni lalat, jika kumakan perutku akan sakit aku tidak mau perutku sakit karena itu aku tidak jajan sembarangan.
Aku membutuhkan pakaian, pakaian dapat melindungi tubuh tubuhku tidak kedinginan ataupun kepanasan. Tubuhku tidak mudah terserang penyakit, tubuhku selalu sehat pakaianku bersih dan rapi jika kotor pakaian segera dicuci ibu saat ibu mencuci aku tidak diam saja aku membantu ibu menjemur pakaian.
Untuk hidup sehat aku memerlukan air bersih, air bersih tidak berwarna, air bersih juga tidak berbau, air bersih mempunyai banyak kegunaan; air bersih digunakan untuk minum sebelum diminum air harus direbus dahulu dengan begitu kuman di dalam air mati, air bersih digunakan untuk mandi air bersih, untuk mencuci air bersih juga untuk memasak air bersih menyehatkan tubuh.
Air sungai sangat kotor, air sungai bercampur sampah, air sungai tidak sehat karena itu air sungai tidak boleh diminum air sungai tidak boleh digunakan untuk memasak.
Aku tinggal di lingkungan yang sehat lingkungan rumahku bersih tidak ada sampah yang berserakan. Lingkungan rumahku ditumbuhi tanaman hijau, udara terasa sejuk dan segar. Aku tidak mau tinggal di lingkungan kotor, di lingkungan kotor udaranya juga kotor, udara kotor mengganggu kesehatan, udara kotor membuat napas menjadi sesak, kulit menjadi kusam, kadang mata terasa pedih, udara segar baik untuk tubuhku aku memerlukan udara segar untuk bernapas, udara segar yang masih bersih udara segar yang belum tercemar.
D.    Kebiasaan Hidup Sehat
Kini aku sudah besar setiap pagi aku bangun sendiri aku tak perlu dibangunkan lagi. Aku membersihkan tempat tidurku, bantal dan guling kutata rapi selimut kulipat pula dengan rapi aku tidak lupa menyapu kamarku.
Sebelum mandi aku berolahraga kugerakkan badanku ke kiri dan kanan. Kadang aku berlari lari pernah pula aku bersepeda tubuhku sehat hatiku pun senang. Jika jarang berolahraga tubuhku mudah sakit tubuhku lemah dan tidak bertenaga. Ibu sedih sekali aku juga menderita aku tidak mau itu terjadi karena itu aku rajin berolahraga.
Aku selalu menjaga kebersihan tubuhku aku mandi dua kali sehari. Aku mandi dengan air bersih kugosok tubuhku dengan sabun tubuhku menjadi bersih dan harum. Jika jarang mandi tubuhku bau kulitku terasa gatal gatal aku terserang penyakit kulit teman-teman akan menjauhiku hatiku sedih sekali karena itu aku harus rajin mandi. Sepulang sekolah aku bermain bersama teman kadang bermain di dalam rumah sesekali aku bermain di lapangan hatiku senang sekali.
Sehabis bermain aku merasa lapar aku ingin makan tetapi tangan dan kakiku masih kotor. Aku ingat pesan ibu aku harus mencuci tangan sebelum makan kata ibu tangan yang kotor mengandung kuman-kuman di tangan masuk bersama makanan aku bisa sakit perut jika sakit aku tidak bisa bermain lagi hatiku sedih sekali karena itu aku harus mencuci tangan sebelum makan. Sepulang sekolah tubuhku letih sehabis bermain tubuhku lelah, setelah belajar tubuhku juga capai;
Aku perlu istirahat aku perlu tidur yang cukup aku tidak boleh tidur larut malam. Sebelum tidur kucuci tangan dan kakiku, aku juga menggosok gigi aku pun tidak lupa berdoa. Aku memohon perlindungan kepada tuhan tidurku nyenyak mimpiku pun indah setelah bangun tidur tenagaku pulih kembali badanku segar tubuhku sehat.
Silahkan Tonton Video Pembelajaran





Tidak ada komentar:

Posting Komentar